" "

forexchief

Menggabungkan LWMA dan SMA

Discussion in 'Jurnal Trading' started by Totosugiarto2011, Aug 18, 2013.

Share This Page

  1. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Berawal dari pemahaman saya tentang BBMA yang masih minim, tentang kedisiplinan yang kurang, juga masalah mental trading yang payah....., saya sering keliru dalam memahami pergerakan pasar terhadap SMA atau LWMA mau mana yang di pakai sebagai pegangan dalam keputusan OP........ Karena ketika saya analisa pakai SMA ternyata harga bergerak sesuai dengan LWMA begitu juga sebaliknya.

    Mungkin karena masih belum paham konsep BBMA kali ya....................?

    Dari bolak balik baca tread di rumah lama walaupun belum bener - bener paham dan belum tamat- tamat....., ahirnya saya mencoba menggabungkan keduanya dalam satu TF untuk menutup kelemahan saya tersebut.

    Sebelumnya saya ingin mengucapkan Terima Kasih yang tidak terhingga kepada Kang Gun yang telah dengan ikhlas membagikan ilmunya yang tidak ternilai harganya dengan Gratis......, sekali lagi dengan Gratis.

    Buat Om Admin bila salah, mohon di koreksi.

    Saya juga mohon kritik dan saran dari Senior KGers dan juga rekan semua, tentunya saya sangat bersyukur dan bangga bila KG sendiri ikut memberi saran juga kritiknya.

    Setup yang saya pakai :

    1. LWMA dan SMA BBnya di pasang sampai SD3 di pasang di tiap TF seperti setting KG 6 TF di rumah lama lengkap dengan LSMA sesuai dengan periode MAnya keculi di m30 dan m5 di tambah LSMA 8H dan 4H.
    2. KG Range percentage trend
    3. Daily range level
    4. KG Pipot Open
    5. Market Open
    6. KG Balance
    7. Kadang - kadang ditambah yang lain tetapi indikator di atas terhitung wajib.
    Semuanya tersedia gratis di forum ini.

    Contoh Pict di EU/USD m30:

    [​IMG]
    Last edited: Aug 22, 2013
    dahana90 likes this.
    " "
  2. sclap?

    sclap? New Member

    Messages:
    16
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    3
    Asik..Mohon izin duduk paling depan Om Totosugiarto. Kebetulan lagi mempelajari LWMA...he..he..
  3. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Saya juga lagi belajar Om sclap? Sama sama belajar saja Om,,,,,,, saya malah mohon kritik dan saranya supaya lebih disiplin lagi..... Soalnya kalau teori BBMA yang di share sama Kang Gun sudah luar biasa, tinggal analisa dan disiplin OPnya yang sulit,,, faktor mental.
    Biasanya gatel tangan atau ragu - ragu.
    Last edited: Aug 19, 2013
  4. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pemahaman Gabungan LWMA dan SMA

    Ini adalah pemahaman saya tentang setting gabungan antara LWMA dan SMA versi saya, kalau ternyata ada yang salah atau keliru apalagi menyimpang dari subtansi yang KG ajarkan mohon koreksi.

    Pertanyaanya adalah ketika trading setting BB mana yang lebih akurat........? SMA atau LWMA atau malah MA - MA yang lain.............?
    Ternyata saya tidak bisa menjawabnya, karena masing - masing punya fans, maksudnya setiap trader punya kesukaannya masing - masing, makanya harga kadang sesuai dengan LWMA kadang sesuai dengan SMA.

    Berangkat dari pemikiran tersebut dan melihat sejarah yang ditinggalkan harga, ternyata penggabungan SMA dan LWMA membuat saya takjub........., luar biasa... setting periode MA yang di ajarkan KG di Rumah Lama, membuat saya merinding.
    Tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya dalam trading real........, dan tentu banyak faktor yang mempengaruhi.
    Last edited: Aug 22, 2013
  5. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pemahaman Gabungan LWMA dan SMA

    Prinsip yang saya pakai dalam penggabungan ini adalah :
    Apakah tidak menyalahi prinsip KG ya........? :oops:
    Tapi saya berpikir kalau LWMA sebagai MA pengarah cuma periode MAnya sama.........

    Prinsip inilah yang mendasari OP saya nantinya di jurnal ini, tentunya dengan di dukung atau mempertimbangkan indikator yang sudah saya sebutkan di atas.
    Dalam prakteknya untuk menerapkan prinsip tadi susah pisan euuy.........., mental......,kesabaran dan juga rasa serakah untuk cepat profit,,,, adalah sifat manusia yang membuat saya sering MC. Untuk itu mohon bimbingannya dari senior dan rekan KGers semua.:)
    Last edited: Aug 22, 2013
  6. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Contoh sejarah yang telah di tinggalkan harga dengan memakai setting ini.

    [​IMG]

    Gambar di atas saya setting SMA Daily warna lime dengan BB SD1 - SD3, dan LWMA Daily warna putih dengan BB SD 1 warna DimGray.

    Coba kita lihat Nomor 2 pada gambar di atas walaupun harga naik tajam,,,,,, tetapi dengan tajam lagi harga turun kembali,,,,,,,,di situ sell di upper BB adalah opsi terbaik,,,,,,, dan sebelumnya harga hanya mampu menembus LWMA tetapi tidak mampu menembus SMA yang masih di atas SMA .

    Nomor 4 adalah contoh harga tidak mampu menembus LWMA apalagi SMA karena LWMA masih di atas SMA. SMA malah trending up tajam,,,,,,
    Dalam keadaan demikian tentunya buy adalah opsi yang paling masuk akal.

    [​IMG]

    Untuk Contoh Nomor 6 kita harus melihat ke TF yang lebih besar,,,,,,,, di TF m30 harga mampu menembus jauh,,,,,,,.

    Kita coba lihat di TF H1 setting LWMA Weekly putih BB Sd1 DimGray dan SMA weekly magenta .
    Harga melejit down dan ternyata harga cuma menyentuh lowwer BB LWMA dan harga langsung melejit lagi naik.

    Memang mungkin ada news besar tetapi tetap sesuai dengan analisa teknikal yang membuat saya kagum sama BBMA.

    Kenapa harga bisa dengan cepat berbalik padahal biasanya berproses sangat lama..........?

    Menurut pendapat saya para trader fans BBMA di seluruh dunia sudah yakin harga akan balik lag, karena LWMA Weekly masih di atas SMA jadi buy sangat masuk akal di sini.
    Apalagi MA bulanan juga mendukung,,,,,, mereka memasang buy stop di lowwer BB Sd-1 LWMA Weekly,,,,,,,,, karena mereka yakin untuk membalikan posisi LWMA di atas jadi di bawah SMA paling tidak di butuhkan waktu satu minggu,,,,,,terlepas dari berita fundamental yang ada,,,,,,,,,, ini hanya pendapat saya mungkin rekan KGers bisa menambahkan atau mengoreksi.

    [​IMG]

    Coba kita lihat kembali TF m30 Nomor 8,,, LWMA Daily dan SMA Daily menyatu walau masih terlihat down tetapi harga ranging dan begitu harga naik.......,,,,,,,,harga tidak balik lagi.
    Walaupun TF H1 LWMA Weekly ada di bawah SMA weekly,,,,,, tetapi kita tahu jarak keduanya sejajar dan SMA weekly cenderung masih up.
    Bisa di lihat di TF H4,,,,,,, LWMA Bulanan warna Putih,, BB warna DimGray,,,,, SMA Bulanan warna Aqua. Terlihat LWMA masih diatas SMA dan harga tidak mampu menembus LWMA.
  7. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    di lanjut

    Kembali ke TF m30, Nomor 1 dan 9 dalam gambar TF m30 diatas terlihat harga ranging cukup panjang,,,,.

    Ternyata di TF weekly seperti terlihat di bawah,,,, dengan Seting LWMA tahunan Putih BB Sd 1 DimGray, SMA Tahunan BlueViolet, LWMA masih down dan di bawah SMA,,,,,,,,,,,

    Jadi cukup berat untuk di tembus,,,,,, di Nomor 1 terlihat mantul dulu di LWMA,,,,, dan setelah bisa nembus LWMA Tahunan harga kembali terlihat mantul di SMA tahunan, di TF kecil harga terlihat ranging.
    Apakah harga mau mantul atau berlanjut naik kita belum tahu,,,,,,,,,,.

    Nomor 3, 5, 7 gambar TF m30,,,, adalah contoh ranging dalam proses pembalikan arah MA,,,,, untuk merubah MA besar walau tentu tidak selalu berhasil........

    Dan proses itu ditandai dengan menyatunya LWMA dan SMA,,,,, pertama di MA periode kecil dan kalau tekanannya kuat terus berlanjut ke yang besar, kalau ternyata lemah harga mantul.

    Mungkin inilah yang membuat KG selalu menganjurkan untuk selalu memperhatikan MA pengarah setelah OP di lakukan, atau terkenal dengan Slogan "Ikuti yang Kecil perhatikan yang Besar".

    Rasanya itu saja yang bisa saya tulis sebagai pengantar jurnal yang saya buat.

    Tentu banyak salahnya karena saya bukan penulis dan juga bukan trader yang sudah profit konsisten.Tetapi sekedar mencoba mennyampaikan apa yang ada di otak saya,, supaya ada yang mengoreksi bila salah dan ada membimbing trading saya selanjutnya.

    Tujuan ahirnya adalah agar saya khususnya dan umumnya Trader Indonesia bisa Konsisten profit. Amiin.............

    [​IMG]
    Last edited: Aug 19, 2013
  8. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Bismillah.........
    Saya coba posting OP untuk yang pertama di jurnal.
    Alasan OP : Sengaja saya tampilkan Pict H4 karena MA bulanan yang mewakili alasan OP saya, atau MA acuan mungkin istilahnya ............ belajar bener,,,,,,,,,, kalau salah tolong dikoreksi.

    BB MA Bulanan terlihat mulai mengerucut cenderung rata,,,,, LSMA juga datar walau sudah berubah dari merah jadi Aqua tetapi masih flat, dalam arti harga menurut acuan bulanan normal walau bermain di area BB Sd2.
    Memang cenderung berbahaya,,,, karena OP sell pas harga naik tajam,,,,,,, masalahnya karena ketinggalan kereta, makanya saya tunggu untuk sell di upper BB SD 2, kenapa berani......?

    Karena alasan diatas......... juga karena LWMA dan SMA sudah sejajar tidak trending up lagi,,,,, menunjukan harga menurut acuan bulanan trend naik sudah melemah. TP saya pasang di area LSMA kalau ternyata harga berbalik TP secukupnya saja. SL di pasang sekitar 20 poin atau di sekitar harga tertinggi sebelumnya ...... Allhamdulilah sudah SL+1.

    [​IMG]
  9. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Update OP EU/USD : akankah harga terus meluncur atau malah akan berbalik mari kita tunggu.............

    [​IMG]
    Last edited: Aug 19, 2013
  10. Totosugiarto2011

    Totosugiarto2011 Member

    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Buy EU/USD
    Sell yang tadi sudah saya close, karena terlihat harga mentok di upper BB weekly LWMA, juga karena LWMA W ada di atas SMA W dan terlihat up tajam di TF H1.
    LSMA weekly terlihat lagi up tajam mungkin ini yang membuat harga berat untuk menembus upper BB LSMA W Sd1.

    Melihat ini opsi buy saya rasa hal yang masuk akal walau agak berat karena MA bulanan sedang mengalami pelemahan trend upnya.
    Apakah harga akan naik.........,,atau malah terus turun..........? Sekarang saya berharap harga naik.........

    [​IMG]

Share This Page