" "

forexchief

Konsumen AS tunjukkan optimisme terhadap perekonomian

Discussion in 'Analisa Fundamental' started by MFXACademy, May 17, 2013.

Share This Page

  1. MFXACademy

    MFXACademy Member

    Messages:
    365
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Indeks sentimen di level tertinggi di hampir enam tahun

    Sentimen konsumen AS terhadap perekonomian mengalami rebound di awal Mei ke level tertingginya di kurun waktu hampir enam tahun belakangan ini, dikarenakan warga AS merasa prospek ekonomi dan keuangan mereka menjadi lebih baik, khususnya diantara rumah tangga yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi, hasul sebuah menunjukkan yang dirilis hari ini.

    Perhitungan awal indek sentimen konsumen Thomson Reuters/University of Michigan keseluruhan naik ke level 83,7 dari angka 76,4 yang dirilis di April, level tertingginya sejak Juli 2007 dan hasil tersebut pun melampaui estimasi para ekonom yang memperkirakan naik ke angka 78.

    Dalam rilisan tersebut juga menunjukkan, indeks kondisi ekonomi saat ini melonjak ke level 97,5 dari level 89,9, tertinggi since Oktober 2007, sementara indeks ekspektasi ekonomi pun mencatat kenaikan yang cukup signifikan, dilaporakan berada di angka 74,8 dari 67,8.

    Cukup banyak konsumen yang menunjukkan pandangan positif terhadap kondisi keuangan personal mereka yang lebih baik dari suatu waktu sejak 2007, dengan kenaikan tertinggi diantara rumah tangga yang termasuk level pendapatan tertinggi ketiga. Para responden juga beranggapan, kalau kondisi ekonomi ini akan terus menunjukkan pertumbuhannya di tahun-tahun mendatang.

    Membaiknya indeks yang dilaporkan di atas, semakin jelas terlihat ketika adanya rencana-rencana belanja yang memberikan dukungan yang sama, dengan parameter atitud pembelian untuk produk tahan lama meningkat ke level 148 dari data yang dilaporkan sebelumnya 137.

    Namun, dalam laporan yang sama terjadi hal yang sedikit meragukan, ketika survei terhadap ekspektasi inflasi relatif stagnan dan cenderung bahkan ada yang menunjukkan pelemahan. Survei ekspektasi inflasi dalam setahun tidak mengalami perubahan, bertahan di level 3,1 percent, sementara survei prospek inflasi dalam kurun waktu 5 hingga 10 tahun kedepan mencatat penurunan menjadi 2,8 persen dari 2,9 persen.[Rtr/SB/MFXA]
    " "

Share This Page