" "

forexchief

Fundamental

Discussion in 'Analisa Fundamental' started by SEMANGAT2010, Jan 1, 2012.

Share This Page

  1. SEMANGAT2010

    SEMANGAT2010 New Member

    Messages:
    120
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    The most important fundamental economic indicator can be divided into three groups

    1. Interest rates
    2. Economic strength
    3. Capital and trade flow


    1.Interest Rates
    There are two key economic inflation indicators to wacth for making interes rates move

    1.Consumer price index (CPI)
    Adalah data yang mengukur rata-rata perubahan harga yang dibayarkan oleh konsumen (dalam rata-rata) untuk sekelompok barang dan jasa tertentu. CPI merupakan indicator inflasi yang paling umum digunakan dan dianggap juga sebagai indikator keefektifan kebijakan pemerintah. Naiknya CPI mengindikasikan naiknya tingkat inflasi yang akan menyebabkan turunnya harga obligasi dan naiknya tingkat suku bunga.

    Tidak seperti indikator inflasi lainnya, yang hanya mencakup barang-barang produksi lokal, CPI juga mencakup barang-barang impor. Kelemahannya ada pada kecilnya jumlah sampel yang diambil. Para analis biasanya lebih fokus pada Core (Inti) CPI, varian dari CPI yang tidak mencakup komponen-komponen yang perubahan harganya paling tidak stabil. Core CPI dinilai lebih akurat dalam mengukur tingkat inflasi.

    Contoh : Jika nilai CPI Ausi lebih rendah dari nilai prediksi pasar maka nilai mata uang AUD akan mengalami penurunan


    2. Produser’s price index (PPI)
    suatu indikator ekonomi yang menghitung tingkat inflasi dari barang-barang yang dibeli oleh produsen atau perusahaan manufaktur(pengolah barang). Jika tingkat inflasi barang dan jasa yang dibeli oleh produsen naik, maka nantinya produsen juga akan menaikan harga barang dan jasa untuk menutup kenaikan harga bahan baku yang telah dibeli. Jika harga barang dan jasa naik maka itulah sebagai awal mula pemicu inflasi dan pemerintah bersama bank sentral akan mencoba menaikan tingkat suku bunga. Tidak sebagus CPI dalam mengindikasi tekanan inflasi. Tetapi karena memasukkan komponen barang-barang yang sedang dalam proses produksi, PPI seringkali dapat sekaligus memperkirakan CPI.
    " "
  2. SEMANGAT2010

    SEMANGAT2010 New Member

    Messages:
    120
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    2. Economic Strength

    Indikator kekuatan ekonomi bisa dilihat melalui:

    1. Gross domestic product (GDP)
    Mengukur nilai market barang-barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara, tanpa mempertimbangkan kebangsaan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa tersebut. GDP terdiri dari 4 komponen utama yaitu: tingkat konsumsi, investasi, pembelian-pembelian oleh pemerintah, dan total bersih ekspor.
    Dirilis per kuarter, angka data ini menunjukkan persentase pertumbuhan dari kuarter sebelumnya. Laporan GDP terbagi dalam 3 rilis: 1) advanced — rilis pertama; 2) preliminary revisi pertama; dan 3) final — revisi kedua dan terakhir. Revisi-revisi inilah yang biasanya berdampak signifikan bagi market.
    2. Payroll Employment
    Payroll employment adalah sebuah ukuran jumlah orang yang dibayar sebagai karyawan oleh perusahaan non-pertanian dan kantor pemerintah. Perubahan payroll employment setiap bulan menunjukkan jumlah lapangan kerja baru bersih yang diciptakan atau yang hilang selama bulan yang bersangkutan dan perubahan dianggap secara luas sebagai indikator penting kegiatan ekonomi. Peningkatan payroll employment yang pesat menunjukkan tanda kegiatan ekonomi yang kuat yang pada akhirnya menimbulkan tingkat suku bunga yang tinggi yang suportif terhadap mata uang paling tidak dalam jangka pendek.
    3. Durable good orders
    Merupakan indeks pemerintah yang mengukur volume dolar pesanan, pengiriman, dan perintah terisi barang tahan lama. Durable goods adalah barang-barang baru atau bekas dengan dengan harapan hidup normal tiga tahun atau lebih. Para analis biasanya tidak mengikutsertakan order pertahanan dan transportasi karenavolatilitasnya

    Laporan ini memberikan informasi mengenai kuatnya demand atas US manufacture durable goods, baik dari sumber dalam negri dan luar negri. Ketika indeks ini meningkat, itu menunjukan kuatnya demand, yang kemungkinan akan menghasilkan kenaikan produksi dan tenaga kerja. Ketika indeks ini jatus menunjukkan sebaliknya. Ini juga salah satu indicator terawal atas demand konsumen dan bisnis untuk equipment. Naiknya pengeluaran atas investment goods mengurangi prospek inflasi
    4. Retail sales
    Data ini memberikan informasi jumlah penjualan keseluruhan pengecer kepada konsumen. Jika terjadi peningkatan pada volume penjualan eceran ini menunjukkan adanya peningkatan demand. Peningkatan permintaan itu nantinya akan meningkatkan harga, yang kita mengerti sebagai peningkatan inflasi. Jika inflasi terjadi, maka nilai mata uang akan melemah.
  3. baraya

    baraya Active Member

    Messages:
    3,107
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    38
    Asyik nih ada yang berbagi pengetahuan tentang fundamental. Selama ini kadang baca-baca di FF atau di web FBS tentang news fundamental. Tapi masih belum paham. Ikut belajar disini Om!
  4. yulbr1n

    yulbr1n New Member

    Messages:
    83
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    buka otak

    otak mesti kosong dulu ah, biar ilmu dan teori fundamental bisa masuk semua ke otak, memory dan recall.......

    Penjelasannya jangan buru2 ya master.... otak pentium 1 yang udah dimakan umur....

    daftar jadi murid.......
  5. strawberry

    strawberry Member

    Messages:
    370
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Setuju om! Kosongkan dan bersihkan untuk tersedianya ilmu baru. Ikut belajar juga ya master :5:
  6. SEMANGAT2010

    SEMANGAT2010 New Member

    Messages:
    120
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    0
    3. Capital and Trade Flow
    Capital Flow : mengukur uang yang mengalir masuk dan keluar dengan tujuan investasi seperti : pembelian saham, obligasi, penggabungan perusahaan atau akuisisi perusahaan lain.
    cth:
    bila investor di jepang ingin membeli obligasi AS, maka investor jepang harus menukarkan uang mereka untuk dolar AS. Hal ini meningkatkan pasokan yen, yang dapat mengurangi nilai mereka.

    ketika bank Inggris menurunkan tingkat suku bunga, Obligasi pemerintah Inggris pun menjadi kurang menarik bagi investor asing karena mereka menawarkan tarif yang lebih rendah.

    Trade Flow : mengukur uang yang mengalir masuk dan keluar dengan tujuan investasi barang nyata dan jasa seperti : mobil, elektronik dan jasa profesional
  7. -tuman-

    -tuman- New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    lanjut dong om...... semangat....!
  8. Student Forever FX

    Student Forever FX New Member

    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    Ikut izin belajar dgn om SEMANGAT2010.

    Where's smart money goes...:43::43:

    Salam GGH
  9. morris88

    morris88 New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    0
    ternyata di sini sarana belajar yg complete dan mudah dipahami.....
    Anak baru Oom, mau ikutan daftar...2012
    :39:

Share This Page