" "

forexchief

[Eur/Jpy] catatan pembelajaran seorang nubi

Discussion in 'Jurnal Trading' started by koy, Oct 31, 2013.

Share This Page

  1. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Assalamualaikum, bismillahirohmanirrohim...
    mohon ijin nubi membuat catatan pribadi, tujuannya supaya timbul kejujuran dalam hal memaknai untung dan ruginya dalam ber-porek..., juga yg tidak kalah penting, supaya bisa dikoreksi oleh senior, om2, agan2, tanteu2, dan juga sesama nubiholic. :)

    Wassalamualaikum.

    " "
  2. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Belajar menganalisa dimulai :rolleyes:, siap grak! :D

    [spoilerbb]
    [​IMG][/spoilerbb]

    Setelah penutupan market New York (NY) dini hari tadi, pergerakan harga EJ terlihat trending down strong, hal ini bisa diasumsikan harga dibawa rendah oleh pelaku market dari sesi Sydney, Tokyo, maupun London atau bisa juga pelaku market Sydney, Tokyo, maupun London menolak harga melebihi harga tertinggi yang sudah disepakati sebelumnya, dimana harga tertinggi tersebut berada pada angka 135.51 (tgl. 22/10/2013).

    Saat ini pelaku market NY sudah aktif, terlihat harga bolak-balik diantara area BSB KG BALANCE 134.13 (penarikan High tgl. 22/10/2013 ke Low ke tgl. 16/10/2013) dan area SB KG BALANCE 133.88 (penarikan High tgl. 22/10/2013 ke Low tgl. 17/10/2013), dimana pembukaan market NY pun berada diantara Level tersebut dan hal ini pun bisa diasumsikan harga EJ sedang konsolidasi atau pelaku market masih belum sepakat apakah harga mau dibawa lebih rendah dari sekarang ataukah dibawa naik dari harga saat ini. LSMA harian arahnya masih menukik cukup tajam, harga masih berada dibawah LSMA.

    Titik perhatian:
    Batas atas: Level BSB 134.13 dan Level BSB 134.08
    Batas bawah: Level SB 133.88

    Strategi:
    Buy apabila harga berada di atas pembukaan Market NY arah LSMA sudah mulai melandai dan hargapun berada diatas LSMA.
    SL dibawah pembukaan market NY atau juga dibawah LSMA.
    TP Level-level proyeksi KG BALANCE

    Sell apabila harga break level SB 133.88,
    SL diatas BSB 134.13
    TP area harga terendah tgl. 18 & 23/10/2013 atau sekitaran harga 133.62
  3. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    sesuai dengan cerita atau dongengnya wa kepoh diatas :p

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]
  4. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Walaupun kita (maksudnya saya) tidak tau apa yang terjadi pada Eur/Jpy hari ini, tapi minimalnya kita (kita? elu kali.. gile lu Ndrooooo:p) bisa mencermati atau bisa juga memetakan pergerakan harga yang Random (bebas ya broo;)) ini menjadi lebih teratur, caranya dengan mengetahui kemungkinan batas-batas yang akan dilewati atau dilalui oleh harga itu sendiri.



    [belajar] menganalisa Eur/Jpy

    Terpantau dari hari kamis tgl. 31/10/2013 sampai dengan penutupan market pada hari jum'at tgl. 1/11/2013 pergerakan harga Euro/Jpy cenderung melemah atau arahnya turun.

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    Gambar diatas terdapat 2 gelombang yaitu gelombang naik A-B dan gelombang turun B-C. Seperti yang sudah diterangkan oleh suhu, jika kita ingin mengukur gelombang turun yang terjadi setelah gelombang naik A-B yang sudah terbentuk sebelumnya, maka pada Hi-Lo gelombang A-B lah kita menempatkan KG BALANCE disini saya memakai KG WAVE yang udah jadi mq4 hehe:p Nah dari pengukuran gelombang tersebut didapatkan informasi bahwa gelombang turun B-C merupakan Retrace medium dari gelombang naik mingguan A-B dengan diapit level-level kritis batas atas diharga 133.33 [BSB/Middle KG BALANCE], dan batas bawah pada 132.25 [SB].

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    Pada gambar diatas menginformasi bahwa gelombang turun B-C merupakan pergerakan Reversal harian karena harga sudah bergerak pada level S2 harian gelombang naik A-B dengan level kritis pada harga 132.70 [S2] batas bawah dan pada batas atasnya pada level 133.15 [S1], 133.61 [Lo].

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    Jika melihat berdasarkan data awal harian Eur/Jpy saat ini masih didominasi Seller dan berdasarkan data awal mingguan Eur/Jpy saat ini masih didominasi Sellers, juga berdasarkan data awal bulanan Eur/Jpy saat ini masih didominasi Buyers. Dari pergerakan rata-rata hariannya, saat ini diperoleh informasi Eur/Jpy berada dalam kondisi normal.

    Strategi:
    Buy
    Apabila harga bermain diatas level BSB mingguan 133.33, SL ditempatkan di level S2 Harian 132.70, titik perhatian pada data awal harian atau pada kisaran harga 133.61. Jika harga tidak mampu bermain diatas data awal hariannya, maka bisa diasumsikan sellers harian masih ngotot dan mencoba membawa Eur/Jpy turun ke level SB Mingguan 132.25, tapi apabila harga mampu bermain diatas harga 133.61 maka level SB harian 134.07 akan menjadi target terdekat yang akan ditujunya.

    Sell
    Apabila harga bermain diluar SD-1 BB harian atau apabila kondisi harga abnormal down, SL ditempatkan di level BSB Mingguan 133.33 dengan titik perhatian pada level S2 harian 132.70 apabila harga terus bermain dibawah level tersebut maka ada kecenderungan harga akan menuju target terdekatnya dilevel SB mingguan 132.25.

    Informasi tambahan:
    Mencermati reaksi pelaku pasar pada sesi-sesi pembukaan pasar dan kecenderungan arah LSMA harian.





    hah heh hohh beres oge... o_O:confused:
  5. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    3 kali harga mantul di level S2 KG Balance warna ijo, dan 3 kali juga ijo-ijo si buta hejo-na ke pending o_O :confused:

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]
  6. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    sore ini cuaca diluar indah sekali..
    Adem, ngga ujan, kolaborasi kopi item + cigaret terasa sangat gurih dan nikmat, juga angin sepoi-sepoi pun sejuk menerpa rambut saya yang baru ajah dikeramas. :p
    hmm.. Kayanya kalo maen ke taman bunga mantap nih:rolleyes:? qqqq :D




    catatan pembelajaran Eur/Jpy hari ini (5/11/2013)
    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]
  7. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    testing template baru.. (kebenulan lagi ada opit.. qqqqqqqqqqqqqqqq) :p

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]
  8. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Trade result mingguan pembelajaran nubi (minggu kemaren lupa, dan semoga ajah minggu depan ngga lupa lagi :D)

    Tapi mohon maap sebelumnya, tidak ada maksud apapun dari tampilan gambar berikut selain dari pengingat, penyemangat, dan evaluasi dari pembelajaran menganalisa chart ala KG dan KGers yang tengah saya tekuni yang konon katanya.. hehe... :D kata segelintir orang tapinya ini mah.. :rolleyes: cara menganalisanya sangat ruwet, terus yang dianalisanya tuh indicator bukan harga.. indicatornya pun laging pula.. dan seterusnya... :D hueheuheu.. padahal dari jauh-jauh hari suhu udah menegaskan, apapun cara / strategi dalam hal menganalisa pergerakan harga di chart semuanya benar asalkan mampu membuat ggh:), tapi kok kenapa yah selalu ajah ada orang yang senewen :D hehe..

    [fieldset=bcenter]Cara mana atau teknik analisis mana yang terbaik? Saya lebih suka mengatakan bahwa semua teknik atau cara apa pun dalam menganalisa chart yang digunakan setiap trader dan mampu membuatnya menghasilkan sebuah keputusan yang tepat adalah cara yang terbaik. Jadi jika ada yang menganalisa berdasarkan hidungnya gatal atau tidak gatal untuk membuat keputusan Buy atau Sell dan ternyata dalam prakteknya keputusan tersebut selalu tepat, saya pikir ini juga valid he..he..he...he... intinya semua cara atau teknik menganalisa itu baik...tidak ada yang buruk...[/fieldset]

    [​IMG]
    bagi ukuran nubi kaya saya mah not bad lah dan moga ajah kedepannya ngga jadi not good heheh.. aamin...
  9. koy

    koy Member

    Messages:
    241
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Pagi ini saya mencoba belajar menganalisa pergerakan Eur/Jpy :rolleyes:.


    Perjalanan harga Eur/Jpy pada minggu lalu pergerakannya terpantau turun dan harga terendah minggu lalu terjadi pada hari kamis tgl. 7/11/2013 di harga 131.20 yang hanya terpaut 4 pips dari harga terendah tgl. 8/10/2013.

    Jika melihat berdasarkan rata-rata pergerakan (SMA) tiap acuannya, Eur/Jpy berada diatas SMA 4 Bulanan dengan kondisi berada dalam rentang normalnya atau berada didalam Bollinger Bands SD1, dari SMA Bulanan didapat informasi Eur/Jpy berada dibawah rata-rata pergerakannya dengan kondisi abnormal atau berada diluar Bollinger Bands SD1, lalu dari SMA Mingguan Eur/Jpy berada dibawah rata-rata pergerakannya dengan kondisi normal, dan dari SMA harian terpantau Eur/Jpy berada diatas rata-rata pergerakannya dengan kondisi abnormal.

    Dari informasi diatas saya simpulkan menjadi 3 bagian:
    1. Pergerakan Jangka Panjang: Konsolidasi
    Eur/Jpy berada diantara SMA 4 bulanan dan SMA bulanan.
    2. Pergerakan Jangka Menengah: Trending down
    Eur/Jpy berada dibawah SMA bulanan dan SMA mingguan saya.
    3. Pergerakan Jangka Pendek: Konsolidasi
    Eur/Jpy berada diantara SMA mingguan dan SMA harian.

    Untuk pemetaan wave-nya masih menggunakan wave yang minggu lalu atau dari penarikan harga tertinggi tgl. 22/10/2013 (135.51) ke harga terendah tgl. 8/10/2014 (131.16) yang saya rasa masih valid karena harga tertinggi dan harga terendahnya belum ter-break sama sekali.

    Strategi:
    Jika harga bermain diatas area perbatasan buyers sellers (132.38) dan mampu berada diatas garis SMA mingguan maka target terdekat yang akan ditujunya ada di area BSB KGB Level atau disekitaran 133.33.

    Tetapi apabila harga bermain dibawah area perbatasan buyers seller dan mampu merubah arah SMA harian menjadi down, maka kemungkinan area harga terendah minggu lalu (131.20) dapat dijadikan target selanjutnya.

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]
  10. Sifor

    Sifor Member

    Messages:
    109
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Ikuta belajar disini ya... moga2 bs dpt pencerahan baru dari jurnalnya om koy..


    mantab pipsnya om... mo nanya dikit ni om.. kok om cuma trade di EJ, boleh tau alasannya?? atau adakah sesuatu di EJ ini smp2 om sptnya seneng bgt trade di pair ini... maaf ganggu heheh...
    silahkan dilanjut om..
    koy likes this.

Share This Page