" "

forexchief

Catatan perjalanan "Mradipta" seorang pemula

Discussion in 'Jurnal Trading' started by mradipta, Aug 21, 2011.

Share This Page

  1. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Hi Teman - teman semua, numpang "praktikum" sambil "belajar teori" ya... hehe salah dan ngaco nya mohon dimaklumi namanya juga pemula :cz38:.

    Namanya saya Mradipta, sekitar beberapa bulan yang lalu teman saya mengirimi saya link cara membaca chart ala KG untuk mengisi waktu - waktu terakhir saya...sebelum saya mendapat kepastian dari Yang Maha Kuasa.

    Sampai saat ini saya baru membaca hingga sekitar 150 halaman dan baru mulai mengerti Analisa Teknik 1 :cz26: hahaha isinya mantap rupanya.

    Kepada Kang Gun, Para Senior dan teman - teman seperjuangan diforum ini mohon bantuannya untuk meluruskan apabila saya khilaf dalam menyusun analisa OP saya.

    Terima Kasih,
    Mradipta
    Last edited: Aug 21, 2011
    " "
  2. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Analisa pergerakan Eur/Usd, Senin 21 Agustus 2011

    Pada awal minggu lalu harga yang dalam kondisi trend naik berhasil menembus Upper Bolinger Monthly , setelah itu harga secara rapi mulai berkonsolidasi dari acuan terkecil (dalam hal ini saya menggunakan minimal H1) hingga akhirnya harian. Walaupun harga sempat menembus Weekly middle bolinger dan sempat melewati middle Monthly bolinger, Last Monthy Average Line dan berbalik arah setelah menembus lower bolinger kemudian bergerak ke weekly upper bolinger.

    Posisi pada Jumat adalah terdapat 2 Middle bolinger yang berada dalam kondisi flat baik secara teori SD = 1 maupun dilihat dari kemiringan yang terbentuk atas MA - MA tersebut, yaitu 8H & Monthly.

    Sedangkan terdapat 4 middle bolinger yang sedang dalam kondisi trend. 2 diantaranya mengalami trend naik yaitu weekly (note: kondisi flat pada weekly secara teori SD=1 flat sudah terpenuhi namun dilihat dari tingkat kemiringan masih terlihat trending) & daily. Dan 2 sisanya mengalami trend turun yaitu H1 & H4 (note: kondisi flat pada H4 secara teori SD=1 flat sudah terpenuhi namun secara gradien masih terlihat trending).

    Dari keadaan diatas saya memperkirakan bahwa karena posisi harga terakhir ada di lower bolinger 8H maka harga akan naik terlebih dahulu kemungkinan min. hingga disekitar upper H8 dan maks. hingga disekitar upper weekly atau mungkin juga lebih, kemudian harga akan turun menembus Middle Monthly dan lower Bollinger jika Weekly middle bolinger sudah tertembus terlebih dahulu dan kemudian sudah berada dalam keadaan trend turun begitu juga dengan Daily middle bolinger dan Middle bolinger yang lebih kecil lainnya juga dalam keadaan trend turun.

    Karena saat ini saya tidak sedang dalam mengambil posisi, maka saya akan memonitor perkembangan berikutnya. Jika memungkinkan pada senin, 22 Agustus saya akan mengambil posisi "sell" di sekitar H8 upper bolinger dengan memperhartikan MA - MA dibawah titik acuan H8 sebagai pendukung posisi yang saya ambil.

    Attached Files:

  3. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Waduh kok beda sekali ya... dengan aktual..

    Pagi sekitar jam 4 pagi, saya membuka Metatrade...:cz29: waduh ternyata prediksi saya meleset....harga langsung turun ketika pasar dibuka... jadi grogi... ga berani buka OP untuk sementara...
  4. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Celingak celinguk liat keadaan...

    Hehe dasar masih mental ultra pra nubie... prediksi beda langsung down :cz04:

    Sejak saat itu untuk memulihkan mental saya mencoba melihat - melihat dibagian Trading system & Strategy Kang Gun mengenai KGBS TS :cz26: ini yang saya cari... TS yang simple dimana trader dapat dengan sangat cepat membaca situasi kondisi dan toleransi Pasar hanya dengan melihat posisi harga dibandingkan dengan KGBS & LSMA acuan - acuan yang digunakan. Selain itu tentu saja kita harus mengetahui jalan cerita harga minimal beberapa waktu kebelakang

    asyiiiik :cz22: pas sekali untuk melengkapi analisa BBMA saya yang masih belepotan.
  5. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Waktu berlalu dan saya masih belum paham.....

    2 tahun berlalu sudah berlalu... semua bermula dari seorang teman sekantor yang mengirimkan email mengenai materi KG dirumah lama

    [​IMG]

    dan sejak itu sudah banyak teman" dikomunitas ini yang berusaha membantu memahami yang KG sampaikan di rumah lama maupun di forum ini atas keikhlasannya untuk membantu saya ucapkan terima kasih dari hati saya paling dalam.....namun sampai saat ini saya masih belum mampu untuk memahami yang disampaikan apalagi untuk mendapatkan profit konsisten malah saat ini saya merasa mulai mengarah ke MC (bukan nama orang) konsisten.

    kemungkinan besar saya salah dalam memahami dan mengartikan hal" yang KG sampaikan selama ini .... untuk itu saya ingin mencoba menuliskan apa yang selama ini saya pahami sehingga kesalahpahaman saya dapat terlihat dari tulisan - tulisan saya.

    Catatan : Dijurnal ini saya menggunakan 5 prinsip dasar pergerakan harga ala KG dengan penafsiran saya pribadi (pasti banyak khilafnya) oleh karenanya saya menekankan untuk menprioritaskan membaca materi aslinya (materi terlampir) untuk menghindari teman" menjadi sesat karena pendapat/opini/ide saya pribadi mohon maklum masih belajar :) kalo bisa malah minta tolong koreksi.

    Attached Files:

    Last edited: Sep 24, 2013
  6. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ranging / Sideways sebagai salah satu pola pergerakan harga


    KG pernah menulis di rumah lama "Jika kita ingin mengetahui bagaimana kita hari ini dan kemana kita nanti, kita bisa menganalisanya dengan melihat masa lalu dan masa depan". Beliau memiliki keyakinan bahwa masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang saling berhubungan.

    Maka atas hal tersebut saya mengartikan sebatas apa yang saya pahami bahwa semua hal termasuk pergerakan harga dimasa kini dipengaruhi oleh pergerakan harga dimasa lalu dan pergerakan harga dimasa yang akan datang dipengaruhi oleh pergerakan harga dimasa lalu dan masa kini.

    KG juga sering sekali menyampaikan bahwa harga bergerak membentuk dua pola dimana salah satunya adalah Pola ranging atau sideway.

    Menurut penjelasan prinsip ke lima dari 5 Prinsip Dasar Menganalisa Pergerakan Harga, Dituliskan bahwa pola ranging atau sideway adalah akumulasi pergerakan perubahan nilai tukar (harga) yang terjadi pada dua arah secara bergantian dalam waktu relatif singkat.

    Selain itu juga dijelaskan bahwa pola ranging dan pola bukan ranging selalu terjadi bergantian secara sistematis. Dimana setelah pola ranging selesai maka berikutnya pasti adalah pola bukan ranging begitu juga sebaliknya. menurut pengamatan para analis fase pola ranging dilihat dari waktu berlangsungnya cenderung terlihat lebih panjang dibandingkan fase pola bukan ranging. Namun bila dilihat dari range / jangkauan pergerakannya dapat dipastikan akan selalu lebih kecil dari fase bukan ranging.

    dibawah ini adalah gambar 4 kombinasi pola harga

    [​IMG]

    Dari materi yang saya baca, saya menangkap bahwa KG sangat menaruh perhatian pada pola Ranging bahkan untuk membantu kita para kg'ers mengidentifikasi pola ranging yang bertebaran dichart kita, indicator KG RDL Dinamis dibuat, bahkan TS KGBS FITS dibuat dengan indicator ini sebagai elemen pembentuknya.

    Attached Files:

    Last edited: Sep 18, 2013
  7. r4jamony3t

    r4jamony3t Member

    Messages:
    87
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    numpang belajar ya om :)
  8. cidung

    cidung Member

    Messages:
    328
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Ikut belajar dimari om....wih keren indi rdlnya om.....dpt dimane dr mana tu om....?
  9. mradipta

    mradipta Member

    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mohon bantuan untuk mengkoreksi jika pemahaman saya salah ya om r4ja

    Mohon koreksinya ya om cidung.... indi keren dari thread KGBS FITS nya Pak Bantalan Balance.... jangan bilang" ya om cidung nanti saya dimarahin hehehe
    Last edited: Sep 18, 2013
  10. de2

    de2 Member

    Messages:
    64
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ikut belajar om... ;)

Share This Page