Cara Melakukan Backtest dan Menggunakan Trading Simulator 2013-12-27

backtest simulator ea

  1. FXri
    Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana caranya melakukan Backtest. Cocok banget kan saat liburan akhir tahun diisi dengan backtesting biar makin paham sama pergerakan harga, hahay...

    Tidak dipungkiri backtest merupakan hal penting yang harus dilakukan trader untuk menguji sejauh mana akurasi atau kinerja Trading System ataupun EA yang dia miliki. Untuk tutorial kali ini saya langsung memberikan contoh bagaimana melakukan backtest Trading System secara manual menggunakan Trading Simulator. Sedangkan untuk backtest EA caranya hampir sama hanya berbeda pada EA yang akan digunakan.

    Langsung aja dech berikut ini tutorialnya...

    Pertama kita ambil History Data dari Currency Pair yang akan kita Backtest. Ada dua cara untuk mengambil History Data, yaitu manual dan kedua dengan mendownload dari server mt4.

    Untuk mengambil data secara manual berikut ini langkah-langkahnya :

    1. Buka Meta Trader 4, lalu buka pair yang akan diambil history datanya.

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    2. Non aktifkan terlebih dahulu Auto Scroll dan Chart Shift kemudian Zoom Out hingga maksimal.
    3. Buka menu Tools - Options - Chart.
    4. Selanjutnya isikan pada kotak Max Bar in History dan Max Bar in Charts seperti pada gambar di atas.
    5. Klik Ok lalu Restart mt4.
    6. Setelah mt4 terbuka kembali, maka selanjutnya teman-teman bisa menekan tombol Home pada keyboard dan menahannya agar chart bergeser ke kanan sehingga proses pengambilan history data bisa dimulai. Terus tahan tombol Home tersebut hingga data harga yang kita inginkan muncul pada layar. Misal kita ingin mengambil data satu tahun yang lalu maka tahan terus tombol Home hingga data tahun lalu tersebut muncul.

    Semakin lama History Data yang kita inginkan, maka semakin lama pula kita menekan dan menahan tombol Home. Lumayan yah, qqqq...

    Selanjutnya cara mendapatkan history data dengan mendownload langsung ke server metaquotes :

    1. Buka menu Tools - History Center atau tekan tombol F2 pada Keyboard.

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    2. Maka akan muncul jendela History Center seperti di bawah ini :

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    3. Pilih pair yang diinginkan, double klik pada timeframe yang ingin di download (lebih baik download TF 1 Menit) lalu klik menu Download. Tunggu hingga proses download selesai atau bisa stop kapanpun teman-teman mau.

    Sebenarnya ada satu lagi cara untuk mengambil history data yaitu dengan mengimport secara manual setelah kita lebih dulu memiliki data harga par tersebut. Namun, saya kurang menyukai cara ini karena bisa membuat laptop atau komputer teman-teman hung / hang.

    Ok, setelah History Data kita dapatkan, selanjutnya kita akan memulai Backtesting.

    1. Siapkan EA yang akan kita test. Jika teman-teman akan melakukan Backtesting untuk strategi secara manual, maka siapkan template lengkap beserta indikatornya, lalu download EA Trading simulator pada menu download di kanan atas postingan ini.
    2. Letakkan EA (EA dan Script untuk LFH Trading Simulator) tersebut seperti gambar di bawah :

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    3. Buka Meta Trader 4 dan klik Icon Strategy Tester seperti gambar di bawah ini :

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    4. Atur setiap menu pada jendela strategy tester seperti pada gambar di atas.
    5. Untuk mengatur berapa Deposit yang kita inginkan atau Input dari EA yang akan kita test. Buka menu Expert Properties seperti di bawah ini.

    [spoilerbb][​IMG][/spoilerbb]

    6. Setelah semua siap, selanjutnya klik Start dan teman-teman bisa melihat ada simulasi chart dengan keterangan Visual seperti pada gambar di bawah. Saat inilah teman-teman bisa mem-plot template strategi yang sudah teman-teman siapkan sebelumnya (khusus untuk yang melakukan Backtesting untuk tujuan melihat akurasi Trading System yang dimiliki secara manual).

    Yupz, itulah sekilas mengenai tata cara melakukan backtest yang saya pahami. Jika ada masukan bisa teman-teman tulis di kolom komentar di bawah ini ya...

    Semoga bermanfaat, selamat melakukan Backtest dan semoga semakin memahami pergerakan harga dengan baik ;)
    roenasenja and anton like this.