fbs

[Praktek] Cara Jualan Online/Promosi Gratis

Discussion in 'Seputar Blogging' started by admin, May 19, 2017.

  1. admin

    admin the Oprekator Staff Member

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,320
    Likes Received:
    133
    Langsung aja, kita coba praktekin promosi / jualan online dengan memanfaatkan media gratisan ya..
    Biarpun materi dasar blogging belum semua dibikin, tapi untuk yang ini udah bisa langsung dijalanin. Cukup simpel soalnya.

    Buat rekan-rekan yg masih baru banget, ntar sekaligus mulai mengenal konsep, langkah riset, dan optimasi dasar. Biasanya dengan praktek kita lebih cepat memahami..

    Khusus rekan-rekan pemula, silahkan baca dulu arti istilah-istilah umum blogging di thread berikut ini:
    biar lebih nyambung ntar


    PROLOG DULU ..

    Kalau kita bikin website, blog, ataupun toko online, salah satu tujuannya adalah mendapatkan visitor. Salah satunya dari mesin pencari (google.com). Untuk mendapatkan visitor, mau ngga mau website/blog kita harus ada di halaman pertama google saat seseorang mencari sesuatu/produk/jasa.

    Gimana cara masuk ke halaman pertama google.com?

    Harus ada proses optimasi. Untuk masuk ke halaman pertama google, kita harus lakukan langkah optimasi seperti backlink (SEO offpage), optimasi artikel dan website (SEO onpage), dan riset kata kunci.

    Dengan optimasi ini, website kita akan mendapatkan authority di mata google dan akhirnya masuk ke halaman pertama. ** materi ini dibahas lebih dalam ntar di thread khusus**

    Nah, di cara ini kita akan mendompleng authority dari website lain, sehingga kita ngga perlu modal website, domain dan hosting.

    Keuntungannya?
    • Gratis
    • Cepat
    • Mudah dilakuin
    • Bisa diduplikasi langkah2nya dengan cepat
    Kekurangannya?
    • Karena numpang, bisa hilang kapanpun tergantung kebijakan tempat kita numpang
    • Relatif sulit digunakan di kata kunci dengan tingkat persaingan menengah-tinggi.
    • Umumnya lebih cocok jika mentarget daerah tertentu/topik yang lebih sempit.
    Untuk mengatasinya, lebih baik kita main di quantity. Bikin sebanyak-banyaknya dengan kata kunci berbeda-beda.
  2. admin

    admin the Oprekator Staff Member

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,320
    Likes Received:
    133
    Disini kita akan memanfaatkan media gratisan blog di blogspot, dan video youtube. Cara membuat blog di blogspot bisa dibaca disini

    Langkah-langkahnya :

    1. Tentukan dulu produk/jasa yang akan dipromosikan

    Pastikan rekan-rekan tentukan dulu produk atau jasa apa yang mau dipromosikan. Ini bisa berupa produk/jasa milik sendiri, milik orang lain (bagi hasil), dan lain sebagainya. Terus bisa ditambahkan daerah/kota tertentu agar lebih spesifik.
    Siapkan juga kontak yang akan kita gunakan, biar si calon konsumen bisa langsung kontak kita (nomor tlp, whatsapp, id line, bbm, dan lain-lain)

    Sebagai contoh misalnya saja saya ingin menjual kue ulang tahun di Garut.

    Setelah ada yang mau dipromosikan, kita lakukan riset keyword yang simpel terlebih dulu.

    2. Lakukan Riset Keyword

    Tujuan melakukan riset ini adalah untuk mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan seseorang saat mencari produk yang sedang kita pasarkan.

    Hasil dari riset ini akan kita gunakan nanti dalam membuat blog/artikel, ataupun video youtube.
    Contoh: saya ingin menjual kue ulang tahun di garut

    Langkah riset sederhana yang bisa dilakukan :
    1. Buka google.com, lalu ketikan hal yang akan kita promosikan . Disini saya ketikan ; kue ulang tahun di garut, lalu tekan tombol space di keywoard satu kali. nanti akan muncul beberapa keyword yang biasa diketikan orang saat mencari hal seputar kue ulang tahun di garut. Catat semuanya .
      [​IMG]
    2. Setelah di catat semuanya, sekarang lihat dibagian bawah halaman pencarian, akan ada beberapa keyword "penelusuran yang terkait dengan kue ulang tahun di garut". Catet juga yang ini.
      [​IMG]
    3. Selain cara diatas, kita juga bisa manfaatkan sarana gratisan di website-website berikut untuk mendapatkan keyword yang akan kita gunakan. website yang bisa rekan-rekan gunakan ; http://tools.dojo.cc/tools/keywords-generator, keywordtool.io, keywordshitter.com, ubbersuggest.com, soovle.com. Caranya, masukan hal yang kita cari (sama sepeti langkah 2). Di sampel ini, masukan ; kue ulang tahun di garut. Catat semua hasilnya.
    4. Harusnya sekarang kita udah dapat banyak kata kunci. Catat dan simpan dulu semuanya. Disini keyword yang saya dapatkan adalah: kue ulang tahun garut, kue ulang tahun di garut, toko kue ulang tahun di garut, harga kue ulang tahun di garut, kue ulang tahun garut, kue ultah di garut, toko kue ultah di garut, jual kue ultah di garut, pesan kue ultah di garut, kue ultah garut
    5. Kita bisa menambahkan kata-kata variasi seperti jual, murah, promo, dan lain sebagainya ntar.
    Untuk cara sekarang, langkah riset cukup segini dulu. Di thread lain ntar kita bisa tambahkan dengan langkah yang lebih detail seperti mencari seberapa banyak jumlah pencarian dengan kata kunci tertentu..

    3. Buat Blog Gratisan di Blogspot

    Langkah selanjutnya adalah membuat blog gratisan dulu di blogspot. Cara bikinnya bisa dilihat di thread berikut. Detail pembuatannya untuk case study ini..
    1. Pilih dulu satu kata kunci/keyword dari hasil riset di langkah sebelumnya. Disini saya pilih ; toko kue ulang tahun di garut.
    2. Masuk ke blogger.com, lalu buat blog dengan alamat tokokueulangtahundigarut.blogspot.com.
    3. Jika alamat tersebut udah ada yang pakai, bisa ditambahin dengan kata jual, murah, dll. Atau gunakan keyword yang lain dari list yang ada.
    4. Setting blogspot yang dibikin sesuai dengan tutorial pembuatan blogspot di link diatas.
    5. Bikin satu artikel dengan judul sama dengan keyword yang digunakan (toko kue ulang tahun di garut), atau sedikit ditambahin/divariasi. Siapkan juga 1 gambar yang ditambahin dengan kontak kita yang terlihat jelas. Lihat yang sy bikin disini
      [​IMG]
    6. Klik pada gambar, lalu klik menu properties.
    7. isi kolom yang muncul dengan keyword yang kita gunakan, lalu klik ok.
      [​IMG]
    8. Klik menu deskripsi penelusuran, lalu isi dengan keterangan tetnnag hal yang kita promosikan dengan singkat aja. Ntar ini yang bakal muncul di halaman pencarian google.
      [​IMG]
    9. Posting/publish artikel ini.
    Langkah ini selesai dulu sampai disini.. langsung ke langkah selanjutnya ..

    4. Buat Video Di Youtube

    Selanjutnya adalah buat video di Youtube. Nah, biasanya video youtube ini yang seringkali masuk ke halaman pertama di google dengan cepat. Hal ini yang akan kita manfaatin ntar.

    Langkah-langkahnya:
    1. Sign in di youtube menggunakan akun gmail sama dengan yg digunakan untuk bikin blogspot (tombol di kanan atas).
    2. setelah login, klik menu "my channel" di sebelah kiri atas
    3. Bikin dulu channelnya, isi form yang ada sesuai keinginan .
      [​IMG]
    4. Selanjutnya klik menu di kanan atas, lalu klik menu roda gerigi yang muncul.
      [​IMG]
    5. Klik menu 'Create new channel" yang muncul
      [​IMG]
    6. Isi kolom brand account name dengan keyword yang kita gunakan (toko kue ulang tahun di garut).
      [​IMG]
    7. Lalu klik lagi my channel, dan klik channel description. Isi dengan keyword kita, dan ditambain dengan beberapa kata lain.
      [​IMG]
    8. Selanjutnya silahkan buat video sederhana. Cukup berupa slideshow gambar aja download dari google image, ditambah dengan info kontak yang bisa dihubungi. Edit bisa pakai window movie maker, dll yang gratisan. Kalau sy cuma berupa 5 gambar dari google yang dibikin slideshow berulang-ulang selama 3 menitan. hasilnya seperti ini : youtube. com/watch?v=I7I9vDMfs6I
    9. Upload ke channel youtube yang udah kita bikin. Isi judul dengan keyword yang digunakan+kontak kita, isi deskripsi dengan keyword yang digunain juga, dan beberapa kata lain yang berhubungan, juga kontak kita. Tag juga di isi sesuai keinginan aja.
      [​IMG]
    10. Publish. Selesai.
    Setelah ini, kita tinggal tunggu aja beberapa waktu. Lalu cek apakah video youtube atau blog blogspot kita masuk ke halaman 1 sd 3 pencarian google atau ngga.

    Cara cek nya dengan clear browser terlebih dulu, buka browser dengan mode incognito (chrome), atau private window (firefox/oprea), lalu buka google.com atau google.co.id, terus ketikan kata kunci yang udah kita buat blog dan videonya ( disini keywordnya: toko kue ulang tahun di garut )

    Silahkan ulangi langkah2 diatas untuk keyword lain yang udah dkumpulkan tadi.. Lakukan hal yang sama dengan keyword pilihan yg akan dipromosikan masing-masing ya ..
    Last edited: May 19, 2017
    Mario Hadi likes this.
  3. admin

    admin the Oprekator Staff Member

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,320
    Likes Received:
    133
    Hasilnya, setelah sy cek di google:

    Untuk google.co.id saat sy cek sudah masuk ke halaman pertama (catatan : bisa berubah peringkat)
    [​IMG]

    Peringkat di google.com udah masuk halaman pertama juga, bisa dilihat disini : klik disini

    FAQ:
    Q: Kok bisa langsung masuk halaman pertama?
    A : Karena persaingannya rendah. Tidak banyak yang mentarget kata kunci tersebut sehingga gampang buat naik ke page one.

    Q: Kok video youtube bisa masuk page one cepet?
    A: Karena authority youtube.com sendiri udah tinggi, dan kita numpang disana. Youtube.com ibaratnya pejabat lah. Kalau kita dapet referensi atau numpang nama pejabat biasanya suka lebih lancar .. wkwkkk

    Q: Target kata kunci/keyword saya kok ngga masuk/susah masuk halaman pertama?
    A: Berarti persaingannya cukup ketat. Setiap keyword memang berbeda2 tingkat persaingannya. Silahkan coba aja dengan keyword yang lain.

    Beberapa keyword target di video lain yang dulu sy pakai praktek iseng dan masuk halaman pertama google.com;
    Sebagai ide aja, cara ini bisa digunain buat promosi apa aja..

    Jika ada pertanyaan, silahkan di posting aja ya.. saia coba jawab semampunya ntar
    :berkeringat:

Share This Page

justforex