fbs

forexchief

Main wave & KG Macd

Discussion in 'Jurnal Trading' started by Joyobantolo, Mar 19, 2017.

Share This Page

  1. Joyobantolo

    Joyobantolo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Hi teman" semua,


    Saya ingin membuat jurnal trading dengan menggunakan Main Wave dan KG macd. Kenapa Main wave & KG Macd karena kedua materi tentang hal ini sudah banyak dibahas baik dirumah lama maupun dirumah baru.


    Saya melihat Hi/Lo menurut aturan Main wave sebagai gambaran dari prinsip dasar pergerakan harga ke 4 dimana pelemahan dominasi kemungkinan terjadi hanya karena dua hal dimana ada volume transaksi yang kurang atau salah satu pelaku pasar tidak ingin harga bergerak diatas harga tertinggi dan dibawah harga terendah.


    Maka bisa dikatakan ketika terbentuknya Hi/Lo maka ada peluang bagi kita untuk menjadikannya sebagai titik pengamatan. Dimana selama salah satu pelaku pasar tidak menginginkan harga ditransaksikan diatas Hi atau dibawah Lo maka harga akan ditransaksikan dibawah Hi atau diatas Lo.

    [​IMG]

    KG sma macd daily saya gunakan untuk mengamati dari sisi projeksi bagaimana kondisi harga bila dilihat dengan tools ini. Seperti yang sudah dibahas dibanyak thread, saya menangkap bahwa tools ini berfungsi untuk mengukur apakah harga menjauh dan mendekat dari sma acuannya dalam hal ini sma daily secara sederhana dapat diamati dengan melihat posisi bar/line di kgmacd daily dengan rata" sma macd nya.


    Jika harga ada diatas sma acuan / titik nol di kgmacd dan harga ada diatas sma macd nya maka harga cenderung untuk menjauhi sma acuannya


    Jika harga ada diatas sma acuan / titik nol di kgmacd dan harga ada dibawah sma macd nya maka harga cenderung untuk mendekati sma acuannya


    Jika harga ada dibawah sma acuan / titik nol di kgmacd dan harga ada dibawah sma macd nya maka harga cenderung untuk menjauhi sma acuannya


    Jika harga ada dibawah sma acuan / titik nol di kgmacd dan harga ada diatas sma macd nya maka harga cenderung untuk mendekati sma acuannya.


    Bagaimana dengan BB kgmacd, saya menangkap berdasar empat kombinasi kondisi harga dibandingkan dengan sma acuan dan sma macd, maka kita bisa menilai apakah kecenderungan harga menjauhi dan mendekati sma acuannya dalam kondisi normal atau ubnormal.

    [​IMG]

    Ya sekali lagi semua yang saya utarakan diatas hanya ide dari apa yang saya baca dan bisa saya tangkap, dan disinilah saya akan berlatih untuk menjntualankan ide diatas, jadi untuk para senior dan teman seperjuangan mohon diluruskan apabila apa yang saya sampaikan menyimpang.
    Last edited: Mar 19, 2017
  2. Joyobantolo

    Joyobantolo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Mencoba menganalisa EU Minggu, 19 Maret 2017

    [​IMG]

    Dilihat dari titik 1.04936 harga bergerak naik dan membuat High di titik 1.07824, kemudian dari titik ini harga bergerak turun dan membuat Lo di titik 1.07274, setelah itu harga bergerak naik dan membuat High di titik 1.07562 dan saya menghentikan pembuatan main wave dititik ini.

    Maka dari cerita diatas, saat gambar tersebut diambil harga sedang berada diantara Hi 1.07562 dan Lo 1.07274 dari sini saya bisa mendapatkan titik pengamatan untuk menentukan SL dan opsi apa yang akan diambil ketika harga bergerak mendekati Hi 1.07562 maupun Lo 1.07274 ......... selesai tinggal eksekusi saja.

    Jika harga naik diatas Hi 1.07562 dan toleransi yang saya berikan ketika harga break titik tersebut terlewati maka saya akan loss.

    Jika harga turun dibawah Lo 1.07274 dan toleransi yang saya berikan ketika harga break titik tersebut terlewati maka saya akan loss.

    memang lebih asik bahas loss ya teman" karena begitu kita entry biasanya pasti loss dulu hehehe entah karena spread, komisi, atau karena pergerakan harga itu sendiri, karena itu mari kita bersahabat dengan loss.... pada ga setuju ya, sahabat mah sama profit ngapain sama loss wkwkwkwk

    Bagaimana jika dilihat dengan Kg Macd

    [​IMG]

    Bar saat ini berwarna merah, artinya saat ini bar ada dibawah sma acuan daily / titik nol, bar pada saat sebelumnya sempat berada diantara sma macd dan sma acuan daily. Jika bar saat itu mampu bergerak diatas sma macd maka harga akan cenderung menjauhi sma acuan daily nya, namun saat ini a bar berhasil bergerak diatas sma acuan daily yang artinya ada usaha untuk mengubah kecenderungan arah harga dari naik ke turun. kemudian gerak turun harga bila dilihat dari bb macd berada dibawah lower bb macd nya yang artinya pergerakan turunnya ubnormal.

    Dengan informasi Main wave dan kg macd maka menurut saya opsi yang ada saat ini adalah buy sedekat mungkin dengan Lo 1.07274, eksekusi akan dilakukan ketika bar kg macd sudah masuk dalam kondisi normal, dengan SL diletakkan dibawah Lo 1.07274 sesuai dengan keikhlasan kita menanggung resiko hehe, TP terbatas saja lah.
    Last edited: Mar 19, 2017
  3. Joyobantolo

    Joyobantolo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Analisa EU 21 Feb 2017

    Dilihat dari Lo 1.07190, harga terlihat bergerak naik, sementara ini hingga 1.08188, secara wave belum bisa dikatakan Hi sementara, jika candle saat ini ditutup dibawah 1.08188 maka Hi sementara dapat dikatakan terbentuk. Jika Hi terbentuk dapat diartikan salah satu pelaku pasar dalam hal ini adalah seller menginginkan harga hanya ditransaksikan dibawah Hi yang terbentuk.

    Dilihat dari kg macd, Bar berada diatas titik nol dan ada diatas upper bb kg macd. Maka tindak lanjut yang akan saya lakukan jika Hi terbentuk adalah mengamati apakah Bar kg macd akan masuk ke dalam normal BB.

    Jika Hi terbentuk dan Bar kg macd masuk dalam kondisi normal maka saya akan mengambil opsi Sell dengan meletakkan SL diatas Hi. TP yang diharapkan diatas ma kg macd.

    [​IMG]

    Hore... sekarang Hi sementara sudah terbentuk di 1.08188, rencana berikutnya amati Bar kg macd....

    [​IMG]

    karena saya menggunakan TF M30 maka candle akan berganti setelah 30 menit, selama belum berganti maka candle tersebut masih terus berproses, dan kita mengetahui bagaimana posisi Bar terhadap bb kgmacd setelah candle tersebut close.

    Beberapa menit lagi kita tahu bar kg macd akan berada dimana saat ter close... telat dong ya... biarin saja lah sambil ngamatin sambil nulis jadi lebih santai....
    [​IMG]

    Saya ambil opsi sell
    [​IMG]

    SL+ dulu...
    [​IMG]

    eh kena SL+ allhamdulillah, amatin lagi

    Sell lagi kondisi belum berubah
    [​IMG]

    Jika bar kg macd ditutup dalam keadaan ubnormal up maka saya akan cut sell saya
    [​IMG]

    dan cut haha, amati lagi

    Bar sebelumnya sudah masuk dalam Ma kg macd, kemudian saya entry sell, SL diatas Hi 1.08188, T P yang diinginkan lower bb kg macd atau titik nol tapi kalo sudah profit di SL+ saja hehe, cut loss jika harga close diatas Ma kg macd.
    [​IMG]

    Sebentar lagi candle akan close jika Bar ternyata diatas Ma kg macd saya akan cut
    [​IMG]

    Dilihat dari kondisi saat ini Harga bergerak menuju Hi 1.08188 dan Bar juga bergerak disekitar Ma Kg Macd, menurut saya benar" merupakan tempat entry sell yang sangat kecil risk nya dibandingkan entry saya yang ada pada pict, yang entry ditengah" antara Hi 1.08188 dengan Lo 1.07935 .... mmmm belajar eksekusi lagi hehe

    Belum cut loss karena harga masih di bawah Ma kg macd
    [​IMG]

    Bar sudah ada dibawah lower BB kg macd

    [​IMG]
    Last edited: Mar 22, 2017
  4. Joyobantolo

    Joyobantolo New Member

    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    EU saat ini harga dekat dengan Lo 1.07935, opsi yang ada hanya buy dan SL diletakkan dibawah Lo 1.07935, lalu saya menunggu Bar kg macd tetap diatas titik nol dan masuk kedalam normal bb kg macd... saat ini rencana nya begitu

    [​IMG]
    echalbjb likes this.
  5. FabioXB

    FabioXB New Member

    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih gan penjelasannya, saya juga nge fans KG MACD,,
    ayo dilanjut gan biar saya bisa numpang belajar
    :belajar:

Share This Page